Comment

Kamu Perlu Tahu, Begini Bunyi Alarm Masa Lalu

Musik apa yang kamu pilih untuk menjadi alarm bangun pagimu? Apakah musik dengan tempo lambat sehingga dapat membangunkanmu perlahan? Atau kamu lebih suka dengan musik yang up beat sehingga memberikanmu semangat saat membuka mata?

ahloo 0800 alarm jam tidur

Menurut penelitian yang dilakukan University of Cambridge dan City University of New York, musik dengan tempo 100 hingga 130 beat per menit adalah kategori yang paling ideal untuk memberikanmu semangat di pagi hari. Namun, tahukah kamu seperti apa bunyi alarm jaman dulu?

Di awal 1900an, ternyata orang di Inggris dan Irlandia dapat terbangun hanya dengan suara ketukan di kaca rumah, lho. Bunyi ini dibuat oleh para yang sengaja dipekerjakan untuk membangunkan warga. Sebab kala itu listrik masih termasuk barang langka,  begitu pula dengan batu baterai yang biasa kini kamu gunakan untuk menjalankan jam.

ahloo 0800 alarm jaman dulu

Kelompok orang yang dijuluki ‘knocker-up’ ini, membawa serta tongkat panjang yang digunakan untuk mengetuk kaca dari luar rumah warga yang kebanyakan terdiri dari dua lantai. Lucunya, tugas mereka baru dinyatakan selesai jika pemilik rumah telah keluar untuk memberikan tanda bahwa telah terbangun.

Cara kerja para ‘knocker-up’ ini persis seperti tradisi membangunkan Sahur di bulan Ramadhan,ya?

sumber: metro.co.uk, mic.com