Comment

Angka-angka Suram dalam Letusan Gunung Vesuvius

Malam mungkin adalah bagian yang paling dinantikan oleh banyak orang untuk beristirahat setelah menjalani aktivitas seharian. Namun, gelapnya langit pernah pula menjadi sesuatu yang paling nggak inginkan terjadi. Terlebih ketika peristiwa tak terduga pada malam hari berujung pada musibah yang merenggut banyak korban jiwa.

Tanah di Italia menjadi saksi dukanya. Baru-baru ini gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Ritcher merenggut lebih dari 200 jiwa di wilayah Umbria, Lazio, dan Le Marche yang berada sekitar 100 kilometer dari ibukota Italia, Roma. Musibah ini turut membawa kenangan pada peristiwa meletusnya Gunung Vesivius yang turut banyak menelan korban jiwa pada berabad-abad lampau.

ahloo 1300 gunung vesuvius pompeii 3

Reruntuhan Pompeii

Tepat pada 24 Agustus malam tahun 79, mungkin tak satu pun warga Kota Pompeii, Roma, yang mengira jika itu akan menjadi terakhir kali mereka menatap langit. Letusan dahsyat Gunung Vesuvius mampu meluluhlantakan kota dan kehidupan mereka dari dunia ini. Selain tanggal suram itu, berikut ini adalah angka-angka seputar fakta terjadinya peristiwa mematikan tersebut.

1.281 meter.

Gunung Vesuvius yang hingga kini menjadi satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Benua Eropa ini hanya setinggi 1.281 meter namun diprediksi telah berusia sekitar 17 ribu tahun.

350 derajat celcius.

Menurut penelitian, tubuh manusia mulai kehilangan kemampuannya jika terpapar suhu panas sampai 50 derajat celcius. Sementara pada peristiwa meletusnya Gunung Vesuvius, tercatat panas yang meluncur dari kawah mencapai 350 derajat celcius. Dapat dibayangkan betapa mengerikannya peristiwa tersebut.

ahloo 1300 gunung vesuvius pompeii 4

Korban letusan Gunung Vesuvius yang hingga kini masih dapat disaksikan di lokasi.

1.500 tahun.

Bermula dari pembangunan saluran irigasi yang mengharuskan penggalian tanah malah menguak sejarah Kota Pompeii yang pernah hilang dan terkubur lebih dari 1.500 tahun akibat letusan gunung berapi tersebut.

700 km/ jam.

Hampir menyamai kecepatan kereta cepat Shinkansen, debu pekat yang meluncur dari atas puncak Gunung Vesuvius pada 24 Agustus malam mencapai 700 km/jam. Tak butuh waktu lama untuk melapisi kota dengan abu dan bebatuan vulkanik muntahan gunung yang meletus.

ahloo 1300 gunung vesuvius pompeii 2

Penampakan dalam Gunung Vesuvius.

10.000 ton per detik.

Jumlah tebalnya abu vulkanik yang menyebar dan mengubur empat kota sekitar Gunung Vesuvius diprediksi mencapai 10 ribu ton per detik.

25.000 jiwa.

Jumlah korban yang diperkirakan meninggal akibat terkubur abu vulkanik bersama Kota Pompeii, serta tiga kota lainnya yakni Herculaneum, Oplontis, dan Stabiae.

30 kilometer.

Letusan gas dari dalam perut Gunung Vesuvius amatlah dahsyat. Diprediksi mencapai 30 kilometer secara vertikal.

3.000.000 jiwa.

Saat ini, sekitar tiga juta jiwa tinggal di sekitar gunung yang diprediksi akan kembali meletus dalam waktu dekat, meski tak ada yang dapat meyakini kapan akan terjadi.

Suramnya peristiwa Gunung Vesuvius meletus dapat kamu saksikan dalam video kronologi berikut ini.