Comment

Beragam Upacara Bendera 17 Agustus yang Khidmat dan Unik

Makna menggelar upacara bendera pada 17 Agustus bukan sekedar tanda turut merayakan kemerdekaan Indonesia. Membangkitkan patriotisme dan mengenang jasa pahlawan adalah dua di antara banyak lainnya alasan sejak kecil kita memulai Senin dengan mengibarkan bendera merah putih.

Prosesi upacara bendera yang khidmat kian hari semakin penuh dengan inovasi. Jika saat pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1945 hanya dilakukan sederhana di halaman rumah Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 (sekarang Tugu Proklamasi di Jakarta Pusat), kini mengobarkan semangat kemerdekaan dapat dilakukan di manapun. Berikut ini adalah beragam upacara bendera merah putih yang unik dan menarik.

1. Upacara Bendera di Kebun Binatang.

ahloo 1300 upacara bendera satwa

Ternyata hewan juga turut bersemangat mengikuti upacara bendera, lho! Tahun 2013 lalu, belasan satwa menjadi peserta dan seorang gajah Sumatera bertugas sebagai pengibar bendera dari upacara yang digelar Taman Safari Indonesia II di Prigen Jawa Timur.

2. Upacara Bendera di Dalam Pusat Perbelanjaan.

ahloo upacara di dalam pusat belanja

Bukan sekedar sebagai tempat melepas penat, pusat perbelanjaan juga cocok dijadikan lokasi menggelar upacara bendera 17 Agustus. Pada 2014 lalu, sebuah mall di Jakarta menggelar upacara yang dihadiri oleh 250 pelajar dari seluruh provinsi di Indonesia.

3. Upacara Bendera di Bawah Tanah.

ahloo 1300 upacara bendera bawah tanah

Upacara bendera tak hanya dapat dilakukan di bawah langit saja. Buktinya, karyawan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua menggelar upacara di dalam tambang pada kedalaman 1,4 kilometer di bawah permukaan tanah.

4. Upacara Bendera di Dalam Goa.

Gelapnya goa yang menjadi penghalang untuk mengibarkan bendera merah putih. Seperti yang dilakukan sekelompok pecinta alam asal Bogor di Goa Buniayu dan Goa Sibeusi (Jawa Barat) hingga Goa Leang Pute (Sulawesi Selatan).

5. Upacara Bendera di Dalam Air.

ahloo 1300 upacara bendera

Berada di dalam air nggak menyurutkan bangsa Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih. Kegiatan upacara bendera di dalam air pernah digelar di Seaworld (Jakarta), Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara),  Laut Gapang (Aceh), dan Laut Kepulauan Selayar (Sulawesi Selatan).

6. Upacara Bendera di Puncak Gunung.

ahloo 1300 upacara bendera goa

Indonesia memang luar biasa. Selain laut yang indah, negara ini juga memiliki pegunungan yang mengagumkan. Salah satunya adalah Pegunungan Sudirman di Papua. Puncaknya yakni Puncak Carstenz yang berada di ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut pada 2015 lalu sempat menjadi saksi berkibarnya merah putih.

7. Upacara Bendera di Dunia Maya.

ahloo 1300 upacara bendera digital

Melek internet di Indonesia memiliki banyak pengaruh positif. Salah satunya dimanfaatkan oleh LSM Indonesia Optimis yang menggunakan saluran internet sebagai media untuk menggelar upacara bendera yang lengkap dengan pembacaan teks proklamasi dan doa pada 2010 lalu. Sayang, aktivitas ini tak lagi terdengar gaungnya setelah dua kali digelar.

Sumber: pelbagai sumber.