Comment

Andai Terminal 3 Ultimate Soetta Punya Fasilitas Ini, Pasti Makin Keren!

Sudah tahu dong jika hari ini Indonesia kembali menambah bandar udara Internasionalnya? Yap, tepat pada 9 Agustus 2016, Terminal Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta resmi dibuka. Untuk mengakomodir kebutuhan aviasi komersil, setidaknya ada 28 gate untuk penerbangan dalam dan luar negeri di terminal yang luasnya hampir 500 ribu meter persegi itu.

Sebagai anjungan baru, Terminal 3 Ultimate diperkaya dengan beragam budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang multikultur. Misalnya saja motif batik yang terpasang di setiap meja check in dan patung Garuda setinggi 18 meter yang makin memantapkan patriotisme Indonesia.

Menyoal fasilitasnya, pelbagai pemberitaan mengungkapkan terminal ini menyediakan pengamanan berlapis, misalnya dengan CCTV pendeteksi wajah yang tersebar di 600 titik. Arsitektur futuristik yang dimiliki turut pula ditunjang dengan konsep eco green yang lebih hemat listrik dan air.

Meski begitu, harapan Terminal 3 Ultimate dapat menyaingi bandara-bandara canggih di negara tetangga masih jauh. Setidaknya, anjungan ini harus memiliki tujuh fasilitas berikut agar makin membuat nyaman calon penumpang.

1. Spot foto yang Indonesia banget.

ahloo 1100 selfie fotografi foto travel

Ini penting. Terlebih sekarang Instagram sudah punya fitur Stories yang mampu membuat banyak foto dalam sekali unggah. Dengan banyak spot foto yang Indonesia banget, secara otomatis pasti dapat membantu mempublikasikan keindahan Indonesia. Misalnya menyediakan hall kecil untuk kelas satu jam membatik yang hasilnya dapat dibawa pulang oleh calon penumpang Internasional sebagai cinderamata. Atau kamu punya ide yang lebih menarik?

2. Area publik.

ahloo 1100 televisi changi airport nobar

Tentu harapan besar Terminal 3 Ultimate ini dapat sejajar dengan bandara Internasional lain yang sibuk hampir 24 jam. Maka dari itu fasilitas yang terbuka seharian penuh juga sudah seharusnya ada di sini. Misalnya area bioskop, tempat makan 24 jam, area santai dengan layar televisi besar, atau museum interaktif mengenal Indonesia seperti yang ada di Galeri Indonesia Kaya.

3. Area keluarga.

ahloo 1100 anak main taman bermain

Calon penumpang cilik juga dapat hiburan dengan adanya mini childern playground indoor yang menyediakan mainan edukasi seru.

4. Teknologi RFID.

ahloo 1100 tas bagasi bandara

Ucapkan selamat tinggal pada kasus kehilangan bagasi. Seperti yang telah digunakan Hong Kong International Airport, setiap tas yang masuk bagasi dapat dipantau keberadaannya dengan teknologi bluetooth yang dipasang pada label.

5. Napcabs.

Fasilitas ini pasti akan membantu banget bagi penumpang yang memiliki waktu transit nggak terlalu lama. Jika memesan hotel dirasa terlalu mahal, solusinya kamu dapat beristirat di Napcabs yang dapat disewa dalam hitungan jam saja. Fasilitas ini sudah tersedia di Munich Airport, Jerman.