Comment

Mengenal Pria di Balik Rupa Taman Pandang Istana

Indonesia semakin konsisten mendukung sistem pemerintahan demokrasi. Dimulai dari ibukotanya, Jakarta, sebuah tempat untuk menyuarakan aspirasi dibangun, tepat di depan Istana Negara Republik Indonesia yang diberi nama Taman Pandang Istana.

ahloo 0800 yasser 5

image: liputan6.com

Telah ramai diberitakan di media, keberadaan tempat ini nggak lepas dari sosok seorang perancang ruang, Yasser Rizky. Pria berusia 33 tahun ini memang telah lama berkecimpung di dunia desain. Dikenal sebagai desainer grafis terkenal yang telah banyak menghasilkan karya visual unik berupa tipografi.

Karya tipografi Yasser yang mendapat perhatian besar dari penikmat seni adalah ‘Bali in Yasser’ yang merupakan gambaran pemikirannya tentang budaya di Pulau Dewata itu. Menggunakan bahan yang nggak umum yakni otak, mata, dan lidah sapi, serta tentakel gurita.

image: dgi-indonesia.com

image: dgi-indonesia.com

Untuk proyek Taman Pandang Istana, Yasser turut menuangkan hasil kreativitasnya selama setahun ke dalam bentuk 3 dimensi pada patung bertuliskan ‘Ragam Insan’, hingga bangku taman ‘Berbeda Tapi Satu’ yang disediakan di tempat tersebut.

image: desaingrafisindonesia.wordpress.com

image: desaingrafisindonesia.wordpress.com

Selain ketiganya, karya Yasser yang menarik untuk dilirik pada tempat menyuarakan pendapat rakyat ini adalah berbagai kutipan dari tokoh-tokoh kenamaan Indonesia. Salah satunya milik Buya Hamka yang berbunyi, “Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.”

image: poskotanews.com

image: poskotanews.com

Pada peresmian Taman Pandang Istana yang turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Yasser mengungkapkan ide untuk tempat ini merangkum lukisan rupa Jakarta sebagai ibukota yang disinggahi beragam kultur dengan segala perbedaannya namun tetap dapat saling bersinergi.

Sumber: pelbagai sumber.

Image: instagram @yasserrizky.