Comment

Wow, Asteroid Raksasa Ini Bersiap Menghantam Bumi

Kamu pasti pernah menonton film Armagedon yang dibintangi Bruce Willis. Film itu menceritakan tentang upaya penyelamatan bumi dari ancaman sebuah asteroid raksasa yang akan menghantam bumi. Sepertinya, cerita dalam film itu bisa jadi kenyataan.

Bennu, sebuah asteroid raksasa diprediksi akan menghantam bumi 150 tahun dari sekarang. Tepatnya pada sekitar 2135, asteroid yang memiliki diameter sepanjang 1.650 kaki atau sekitar 500 meter itu akan tiba di bumi. Bayangkan saja berapa besar kekuatan hantamannya.

credit photo: wisegeek.org

Saat ini NASA sedang menyiapkan sebuah pesawat luar angkasa, The OSIRIS-Rex yang akan berangkat pada Agustus 2018 untuk menyelidiki lebih dalam asteroid itu. Pesawat itu akan kembali ke bumi pada 2023 untuk memberikan hasil penyeledikan mereka.

Dari hasil penyelidikan itu, NASA akan melihat seberapa besar kemungkinannya asteroid Bennu menghantam bumi dan seberapa besar pengaruhnya. Dante Lauretta, Profesor dari Universitas Arizona mengatakan Bennu belum tentu akan menjadi akhir dari keberlangsungan peradaban di bumi.

Lauretta mengatakan kemungkinan Bennu menghantam bumi adalah 1 banding 2.700. Dengan rumusan hitungan seperti itu kecil kemungkinan Bennu memasuki atmosfer bumi. Itupun bila Bennu akhirnya berhasil memasuki “lubang kunci” yang terletak antara bumi dan bulan.

ahloo-asteroid bennu2

Jika hal itu terjadi, di masa depan manusia mungkin sudah memiliki teknologi canggih yang dapat menghalau Bennu masuk ke bumi dan menghancurkan segalanya. “Kamu tidak perlu takut atau buru-buru membeli asuransi khusus serangan asteroid. Saya saja berharap masih bisa menyaksikannya,” ujar Lauratte sambil bercanda.

Bennu justru menurutnya dapat menjawab mengenai misteri tata surya kita dan menjadi informasi penting bagi manusia untuk mengetahui dari mana bumi berasal. Sampel yang dibawa oleh pesawat luar angkasa nanti juga bisa menjawab mengenai misteri planet Mars dan Jupiter dalam tata surya. Jadi, kita tunggu saja apa yang akan terjadi 150 tahun lagi. (dj)

Sumber: Washingtonpost