Comment

Kakek Asal Rusia 11 Ini Hari Keliling Dunia dengan Balon Udara

Seorang pilot balon udara asal Rusia bernama Fedor Konyukhov berhasil memecahkan rekor baru. Kakek berusia 64 tahun itu berhasil menyelesaikan misi untuk keliling dunia dengan balon udara hanya dalam waktu 11 hari. Perjalanan ini tercatat sebagai yang tercepat di antara rekor-rekor sebelumnya.

Fedor memulai perjalanannya pada 12 Juli 2016 dari Australia menuju Selandia Baru melewati Samudera Pasifik, Amerika Selatan, Tanjung Harapan, dan Laut Selatan. Dia lalu mengakhiri perjalanannya pada 23 Juli 2016 di tempat yang sama ia berangkat.

credit photo: inhabitat.com

Sebelumnya rekor menjelajah dunia dengan balon udara dipegang oleh Steve Fossett yang berkeliling dunia dalam waktu 13 hari pada 2002. Sebelum terlewati oleh Fedor, Fossett merupakan satu-satunya orang di dunia yang pernah melakukan perjalanan solo dengan balon udara. Kini Fedor berhasil memecahkan rekor itu dua hari lebih cepat.

Fedor menikmati perjalanan solonya dengan duduk di kabin gondola dikelilingi 30 silinder baja gas propana untuk bahan bakar sepanjang 21.636 mil. Dia mendokumentasikan petualangannya dan memberitakan secara update  melalui website resminya. Ia terbang dengan ketinggian 33.000 kaki.

credit photo: inhabitat.com

Perjalanan ini bukan perkara mudah karena Fedor beberapa kali harus menghadapi cuaca ekstrim dan suhu dingin mencapai -69 derajat farenheit. Setelah 11 hari perjalanan yang melelahkan, Fedor akhirnya sampai di titik awal ia berangkat dan bertemu kembali dengan keluarganya yang sudah menunggu di Australia Barat.

Pendaratan Fedor disaksikan banyak orang yang memang sudah mengetahui niat Fedor untuk berkeliling dunia. Oscar, salah satu putra Fedor menunjukkan rasa bangga pada ayahnya yang sukses mencatatkan sejarah baru dalam dunia penerbangan balon udara. (dj)

Sumber: Inhabitat