Comment

Bikin Betah, 8 Perpustakaan dengan Arsitektur Keren

Biasanya yang bikin betah itu nggak selamanya baik, tapi berbeda dengan hal yang satu ini. Arsitektur keren yang dimiliki 10 perpustakaan di dunia ini malah amat banyak manfaatnya untuk kamu. Selain bikin betah, bacaan di bangunan-bangunan ini mampu buat otak kamu makin terasah.

1. Tama Art University Libraries (Jepang).

ahloo 1600 perpustakaan tama

Karena seni nggak mengenal batasan, perpustakaan ini dibangun dengan menggabungkan 2 perpustakaan besar yang berada di Kota Tokyo. Nggak hanya lebih dari 17 ribu buku dalam dan luar negeri yang dapat kamu nikmati di sini, interior keren perpustakaan ini juga bikin betah dan membuatmu serasa di ruangan bawah tanah.

2. LiYuan Library (Tiongkok).

ahloo 1600 perpustakaan liyuan

Alam menjadi inspirasi  bagi arsitek bernama Li Xiaodong mendirikan bangunan seluas 175 meter persegi ini. Untuk membangun dinding luarnya, sang arsitek menggunakan ranting-ranting yang ditempelkan pada kaca sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalamnya. Karena hanya mengandalkan sinar matahari dan nggak dialiri listrik, kamu dapat mengunjungi perpustakaan yang berada di desa kecil di wilayah Huairou ini hingga petang saja.

3. Library of Muyinga (Burundi).

ahloo 1600 perpustakaan burundi

Burundi merupakan negara kecil di tengah Benua Afrika, namun bukan berarti masyarakatnya terbatas akan akses pengetahuan. Contohnya di Muyinga ini, sebuah perpustakaan berarsitektur cantik seluas 140 meter persegi yang dibangun memanjang sesuai dengan bentuk rumah tradisional di sana.

4. University of Aberdeen New Library (Skotlandia).

ahloo 1600 perpustakaan aberdeen

Dibuka pada 2012 lalu, setidaknya 14 ribu mahasiswa University of Aberdeen akan sumber bacaan terpenuhi. Mereka dapat mengeksplorasi sekitar 250 ribu bacaan dan manuskrip, ruangan khusus untuk buku-buku langka, serta beragam koleksi antik.

5. Vennesla Library and Culture House (Norwegia).

ahloo 1600 perpustakaan vennesla

Berada di pusat kota, tempat ini nggak sekedar menyediakan bacaan bagi kamu tetapi juga menyejukan pandangan kamu karena interiornya yang unik dan futuristik. Dibuka untuk umum sejak 2011 lalu, tempat ini juga kerap dilengkapi dengan kafe, ruang pertemuan, dan digunakan sebagai pusat kebudayaan Norwegia.

6. Yale University Beinecke Rare Book Library (Amerika Serikat).

ahloo 1600 perpustakaan beinecke

Mewah. Itulah kata yang mungkin tepat untuk mendeskripsikan perpustakaan di Connecticut ini. Selain banyak sofa berlapis kulit di bawah lampu temaram yang disediakan untuk membuat pengujungnya betah membaca, bangunan yang memiliki 500 koleksi buku dan jutaan manuskrip kuno ini juga punya sudut menarik yakni sebuah lemari buku elegan setinggi 4 lantai.

7. Nam June Pain Library (Korea Selatan).

ahloo 1600 perpustakaan june

Perpustakaan nggak selamanya kuno lagi, buktinya yang berada di Nam June Paik Art Center ini. Mengedepankan konsep futuristik dengan kubikal transparan pada bagian interiornya, kamu nggak hanya disuguhkan beragam informasi laiknya perpustakaan tetapi kamu dapat menambah koleksi perpustakaan ini dari artikel yang kamu buat sendiri. Kerenkan?

8. Warsaw University Library (Polandia).

ahloo 1600 perpustakaan warsawa

Mendatangi bangunan ini terasa nggak seperti lagi ke perpustakaan, tapi main ke sebuah taman atap seluas satu hektar dengan pemandangan kota tua di Warsawa dan sungai yang berada di sisinya. Konon, taman di sini disebut sebagai taman terluas di Benua Eropa!

Sumber: ebookfriendly.com