Comment

Aneka Sentra Kulit Ketupat di Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan kuliner khas Lebaran bernama ketupat? Bentuknya unik dan paling banyak dicari saat Lebaran tiba.

Rasanya merayakan Hari Raya Lebaran di Indonesia belum afdol tanpa menikmati sepiring opor ayam atau gulai kambing bersama ketupat. Sajian pengganti nasi ini memang cukup repot dalam membuatnya. Selain perlu dikukus berjam-jam, proses menganyam kulit kelapanya pun perlu teknik khusus.

Nah, untuk menyiasati waktu, kamu yang merayakan Lebaran dapat memilih membeli kulit kelapa yang telah dianyam menjadi ketupat kosong. Namun biasanya, harga ketupat kosong jadi selangit karena sedang diburu banyak orang.

Ingin mendapatkan kulit ketupat langsung dari pembuatnya? Inilah 4 sentra pembuatan ketupat yang hampir tersebar di seluruh Indonesia.

1. Kampung Ketupat di Sungai Baru.

ahloo 1500 - ketupat lebaran kelapa 3

Dari namanya saja sudah pasti sebuah tempat di Banjarmasin ini amat terkenal sebagai sentra pembuatan ketupat. Kerap saat Ramadan tiba, sepanjang Sungai Baru dipenuhi oleh penjaja ketupat yang menganyam sendiri barang dagangannya. Uniknya, ketupat di sini dibuat dari daun nipah bukan kelapa seperti pada umumnya.

2. Kampung Leuwinutung di Cisalak.

ahloo 1500 - ketupat lebaran kelapa 2

Nggak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan Lebarannya sendiri, warga Kampung Leuwinutung, Subang, Jawa Barat, secara kreatif mendagangkan ketupat dari kulit kelapa di beragam pusat perbelanjaan.

3. Kampung Ketupat di Caringin.

ahloo 1500 - ketupat lebaran kelapa 1

Ini pusat pembuatan beragam jenis ketupat yang dijajakan di banyak pasar tradisional di Kota Bandung. Kampung Ketupat selalu kebanjiran order setiap kali jelang Idul Fitri. Otomatis pendapatan mereka pun meningkat hingga 70 persen kala Ramadan tiba. Kamu ingin belajar mengayam ketupat? Kampung ini dengan senang hati akan mengajarkanmu, lho!

4. Sentra ketupat di Ulu Laut.

ahloo 1500 - ketupat lebaran kelapa 4

Inilah tempat berburu ketupat saat Lebaran hambir tiba bagi warga Palembang, Sumatera Selatan. Proses pembuatan kulit ketupat dari daun nipah di Kelurahan Ulu Laut ini dapat dikatakan panjang dan kompleks. Mulanya daun nipah yang akan dianyam dijemu seharian lalu dikuliti dari batangnya. Setelah dianyam, ketupat kembali harus dijemur dan dimasukan ke dalam perapian.