Comment

5 Mahkota Cantik Ratu Inggris Elizabeth II

Elizabeth II telah memerintah Inggris selama 64 tahun. Selama menjadi memimpin negara maju itu, Ratu Elizabeth II kerap tampil cantik dengan mahkota dan beragam perhiasan sebagai aksesorisnya dalam berbagai kesempatan. Inilah 5 mahkota milik Ratu Inggris Elizabeth II yang menarik untuk diketahui.

1. Mahkota berpermata rubi merah.

berita 3 - 1500 ahloo tiara 1

Terbuat dari 2.600 permata dan 11 batu mulia jenis rubi, mahkota ini adalah salah satu favorit di antara sekian banyak koleksi Ratu Elizabeth II. Mahkota ini merupakan harta warisan turun-temurun sejak pemerintahan Ratu Victoria (1837).

Sebelumnya, jenis permata yang disematkan pada mahkota, anting, dan kalung ini adalah jenis opal. Namun karena dianggap membawa pengaruh buruk, Ratu Alexandra (1901) menggantinya dengan rubi.

2. Mahkota hadiah pernikahan.

berita 3 - 1500 ahloo tiara 7

Mahkota Ratu Elizabeth II yang kini bernilai Rp3,5 miliar ini merupakan hadiah dari seorang sahabatnya bernama Nizam of Hyderabad, saat menikah dengan Pangerang Philip pada November 1947. Nizam yang merupakan kolektor permata itu memberikan 1.033 berlian pada mahkota ini.

3. Mahkota permata safir biru.

berita 3 - 1500 ahloo tiara 5

Ratu Elizabeth II juga sering tampak mengenakan seperangkat kalung, gelang, dan tiga buah anting-anting yang berhiaskan permata safir biru pemberian ayahnya, Raja George VI.

4. Mahkota Kokoshnik.

berita 3 - 1500 ahloo tiara 3

Perhiasan yang diberi nama seperti istilah penutup kepala wanita Rusia ini merupakan mahkota yang bertahtakan 488 berlian yang dirangkai di atas emas putih dan kuning. Mahkota ini telah lama dimiliki oleh Ratu Elizabeth II yakni sejak 1965.

5. Mahkota Burmese.

berita 3 - 1500 ahloo tiara 4

Ini adalah salah satu mahkota yang secara khusus dipesan Ratu Elizabeth II pada 1973. Dinamakan Burmese karena permata rubi merah yang menghiasi mahkota ini mulanya dari kalung persembahan oleh rakyat Burma (sekarang Myanmar) sebagai bentuk penghormatan.

Dikutip dari dailymail.co.uk, jika sedang nggak dipakai, mahkota tersebut disimpan dalam ruangan penyimpanan besar yang terletak pada kedalaman 40 kaki di bawah Istana Buckingham.