Comment

Ingin Perut Tetap Nyaman Saat Puasa? Ingatlah 3 Hal Ini Saat Makan Sahur

Memasuki Bulan Ramadan tentu pola makananmu banyak mengalami perubahan. Biasanya sarapan pagi kini berganti sahur, nggak lagi ada waktu makan siang, dan makan malam baru dapat dilakukan setelah Magrib. Situasi seperti juga mempengaruhi siklus tubuhmu.

Untuk menjaga perut tetap nyaman saat berpuasa, pakar nutrisi dan diet yang juga menjalani ibadah puasa Nour Zibdeh, mengungkapkan ada 3 hal yang sebaiknya kamu ketahui dari santapanmu saat sahur.

1. Kalori makanan.

berita 2 - 1600 ahloo 3 makan sahur

Tanpa makan dan minum lebih dari 13 jam mungkin membuatmu khawatir kelaparan saat puasa. Menurut Zibdeh, lapar saat puasa adalah hal alamiah pada tubuh. Karena perut hanya sekali mengolah makanan dalam satu waktu. Jadi meskipun jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu tinggi, kamu akan tetap merasa lapar karena nggak ada lagi makanan yang masuk setelah imsak hingga magrib.

2. Komposisi makanan.

berita-2-1600-ahloo-3-makan-sahur-1

Zibdeh menyarankanmu untuk banyak makanan berserat, berprotein, dan berlemak. Cobalah untuk mengatur komposisi makananmu berupa 40–50 persen karbohidrat yang kaya serat seperti beras merah atau oatmeal, 25-30 persen protein dari tempe atau ikan, dan 25-30 lemak yang terkandung dalam minyak dan kacang-kacangan saat sahur.

3. Air.

berita 2 - 1600 ahloo 3 makan sahur 2

Agar nggak dehidrasi terapkan pola minum 2 gelas besar air putih saat santap makanananmu dan konsumsi juga sayur tomat dan timun yang kaya air serta buah semangka yang banyak mengandung air.