Comment

Hindari 4 Hal Ini Agar Kamu Punya Cukup Waktu Tidur di Bulan Ramadhan

Insomnia menjadi salah satu penyakit yang kerap menyerang kaum urban. Disebabkan oleh banyak hal, masalah sulit tidur ini memberikan efek buruk panjang yang salah satunya adalah memperpendek usia kamu.

Telah terungkap dalam berbagai penelitian, waktu tidur ideal yang sebaiknya dimiliki oleh orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam sehari. Jika kurang dari jumlah tersebut, kondisi tubuh jadi nggak prima sehingga menggangu aktivitasmu di siang hari.

Nah, selama Bulan Ramadhan ini pasti ada perubahan waktu tidur yang cukup signifikan kamu rasakan. Jika biasanya terbangun pada pagi hari untuk sarapan, kini kamu harus bangun sebelum Subuh untuk melaksanakan sahur. Agar waktu tidurmu cukup, hindari melakukan 4 hal ini sebelum tidur.

1. Kelamaan menggunakan smartphone.

Jangan biarkan dirimu terpapar cahaya yang ditampilkan smartphone kamu terlalu lama sesaat sebelum tidur karena hal tersebut dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang berperan mengatur siklus istirahatmu.

2. Minum kopi.

berita 7 - 2100 ahloo anti insomnia 1

Hasil penelitian dari Universitas of Colorado, Amerika Serikat, minum espresso terlebih dalam jumlah ganda saat 3 jam sebelum tidur menyebabkan kamu mengantuk 40 menit lebih lama.

3. Aktif di media sosial.

berita 7 - 2100 ahloo anti insomnia 2

Menurut hasil riset Universitas of Pittsburgh School of Medicine, meskipun hanya menjadi silent reader, menggunakan media sosial sebelum tidur menurunkan kualitas istirahat malam kamu.

4. Camilan gula.

berita 7 - 2100 ahloo anti insomnia 3

Hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak sebelum tidur. American Academy of Sleep Medicine menyarankan lebih baik kamu mengonsumsi buah kaya serat seperti apel jika kelaparan menyerang di tengah malam.