Comment

Meski Terlahir dengan Kelainan Fisik, 11 Manusia Sirkus Ini Tetap Jadi Legenda

Sirkus adalah hiburan rakyat yang melegenda. Meski sekarang sudah sulit ditemui lagi, keberadaan sirkus dimanapun ia ada selalu jadi hal yang menarik. Berjalan di atas tali, menari dengan singa, motor setan, dan bergelantungan dengan seutas tali adalah bagian dari pemainan sirkus yang paling dinanti.

Selain itu tentu kehadiran manusia-manusia aneh yang semakin mewarnai pertunjukan sirkus itu. Manusia aneh sebenarnya hanyalah manusia biasa namun mereka memiliki kekurangan secara fisik sejak mereka lahir. Lucunya, ketidaksempurnaan fisik ini justru membuat mereka diandalkan dalam beberapa pertunjukkan sirkus.

Dalam dunia sirkus ada beberapa orang pemain yang menjadi legenda. Mereka dikenal dengan sebutan yang berbeda-beda sesuai karakter fisik mereka. Siapa saja mereka? Yuk, kita lihat satu per satu.

1. Eli Bowen-The Legless Wonder

ahloo-sirkus1

Eli dilahirkan tanpa memiliki kaki. Dalam dunia medis kondisi ini disebut ‘seal limbs’ atau ‘Phocomelia’. Meski terlahir difabel, kehadiran Eli tetap dinanti penonton sirkus di zamannya.

2. Joseph Merrick-The Elephant Man

ahloo-sirkus2

Ia lahir dengan kelainan genetik yang membuat tubuhnya dipenuhi lusinan tumor yang tumbuh bersamaan. Keadaan itu membuat ia tampak aneh secara fisik. Ibunya begitu takut dengan gajah ketika mengandung Joseph, itulah mengapa ia disebut sebagai manusia gajah.

3. Lucia Zarate-The Puppet Woman

ahloo-sirkus3

Lucia pernah memegang rekor sebagai wanita terkecil yang pernah hidup. Secara medis ia mengidap majewski osteodysplasia primordial dwarfism tipe II. Ketika dewasa beratnya hanya 4 pounds. Lucia meninggal di usia 26 tahun.

4. Minnie Woolsey-Koo Koo the Bird Girl

ahloo-sirkus4

Minnie mengindap penyakit yang dikenal dengan nama Vichow-Seckel Syndrome yang membuat dia menjadi botak, buta, dan beberapa gangguan mental lainnya.

5. Elvira dan Jenny Lee Snow-Pip and Flip

ahloo-sirkus5

Dua saudara ini lahir dengan menderita mikosepalus dengan kepala yang lebih kecil dari ukuran normal. Kondisi itu membuat otak mereka sulit berkembang.

6. Fred Wilson-The Lobster Boy

ahloo-sirkus6

Fred berasal dari Massachusetts dan terlahir dengan menderita ectrodactyly yang membuat dua tangan dan kakinya berbentuk mirip capit kepiting atau lobster.

7. Alice Doherty-The Minnesota Woolly Baby

ahloo-sirkus7

Alice adalah satu-satunya orang Amerika Serikat yang menderita hypertrichosis lanuginosa. Penyakit itu membuat seluruh tubuhnya dipenuhi rambut tebal.

8. Isaac Sparague-The Skeleton Boy

ahloo-sirkus8

Isaac awalnya hidup normal seperti anak-anak lain hingga suatu saat ia kehilangan bobot tubuhnya. Beratnya hanya 43 pounds ketika berusia 44 tahun. Isaac akhirnya meninggal dunia di usia 46 tahun.

9. Schiltzie

ahloo-sirkus9

Ia menderita mikrosepalus yang membuat mental dan daya pikirnya seperti balita usia 3 tahun.

10. Millie dan Christine McCoy

ahloo-sirkus10

Kedua saudara ini mengidap Polycephaly yang membuat seseorang memiliki dua kepala.dalam satu tubuh.

11. Chang dan Eng-The Siamese Twins

ahloo-sirkus11

Mereka adalah kembar siyam yang terkenal dalam sejarah dan dunia sirkus.