Comment

Lakukan 5 Cara Ini Agar Menu Bakarmu Jadi Lebih Sehat

Punya rencana untuk melewati akhir pekan dengan menggelar pesta barbecue dan berkumpul bersama keluarga? Rasanya kamu perlu menyimak 5 tips memanggang berikut ini agar hasil masakanmu tidak sekedar nikmat tapi juga terhindar penyakit kanker akibat zat karsinogen sisa proses pembakaran.

1. Gunakan aluminium foil sebagai alas.

berita 3 - ahloo bakar karsinogen 1

Jangan biarkan daging yang kamu bakar jadi tidak menarik karena noda hitam-hitam hangus. Gunakan aluminium foil sebagai pelapis di atas panggangan sebelum kamu membakar daging dalam api kecil.

2. Kurangi waktu pembakaran.

berita 3 - ahloo bakar karsinogen 2

Dengan mengurangi lamanya masakan di atas api panggangan dapat juga menurunkan risiko kamu terkena kanker, lho. Siasati proses pembakaran yang lama dengan memasak daging sapi, ayam, atau ikan di dalam microwave hingga setengah matang.

3. Ganti daging dengan bahan lainnya.

berita 3 - ahloo bakar karsinogen 3

Mau makanan yang dibakar tapi tetap sehat? Usahakan untuk membuang lemak-lemak pada daging sebelum dibakar atau gantilah daging dengan bahan lain yang tidak kalah nikmat untuk dibakar seperti terung, keju, ubi jalar, atau tempe dan tahu.

4. Merendam daging.

berita 3 - ahloo bakar karsinogen 4

Berdasarkan hasil penelitian yang lakukan The Food Science Institute dan Kansas State University, merendam daging dengan campuran bumbu (ungkep) dapat menghindari terbentuknya zat karsinogen hingga 88 persen.

5. Bersihkan alat panggang setiap selesai digunakan.

berita 3 - ahloo bakar karsinogen 5

Kamu nggak mau kan zat karsinogen dari pembakaran turut mencemari makananmu pada pemanggangan selanjutnya? Makanya kamu harus rajin untuk menyikat alat panggang untuk membersihkannya setiap kali selesai memanggang.