Comment

Second Skin, Kulit Buatan yang Bisa Membuat Kamu Awet Muda

Kulit manusia normanya akan semakin keriput dan mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Saat memasuki usia senja kulit kehilangan elastisitas dan kelembaban. Masalah inilah yang coba dipecahkan oleh sekelompok peneliti dari MIT sepuluh tahun lalu. Mereka mencoba merevitalisasi kulit dan membuatnya lebih sehat. Hasilnya positif, proyek yang diberi nama “Second Skin” itu berhasil dan siap diterapkan pada banyak orang.

Tim peneliti itu bekerjasama dengan perusahaan kecantikan, Living Proof dan Olivo Labs. Koordinator tim, Rebert Langer mengatakan second skin terbuat dari polimer silikon yang memungkinkan rongga kulit “bernapas” sehingga mampu menjaga kelembaban dan mengencangkan kulit.

ahloo-second skin1

“Kami mengujinya pada area tubuh di bawah kantong mata, kaki, dan lengan. Second skin dapat bertahan selama 24 jam dan tahan terhadap air serta keringat,” kata Robert. Hasilnya lebih baik dibandingkan mereka memakai pelembab kulit yang dijual di pasaran.

Dr. Tamara Griffiths dari British Association of Dermatologists tampak optimis dengan hasil penelitian ini. Menurutnya second skin bisa dibandingkan dengan hasil operasi namun resikonya lebih kecil. Ia menyarankan untuk diadakan penelitian lanjutan namun temuan awal ini jadi pendekatan baru untuk memecahkan masalah dalam dunia kesehatan.

ahloo-second skin2

Para peneliti menganggap bahwa second skin bukan hanya bisa diterapkan pada dunia kecantikan tapi juga pada bidang lain seperti pengepakan obat-obatan atau pelindung dari sinar matahari. Hmm…bagaimana menurutmu? tertarik untuk mencoba second skin?

Sumber: Inhabitat