Comment

Baca Ini Agar Kamu Tak Panik Saat Pesawat Alami Turbulensi

Dunia aviasi Indonesia kembali dihebohkan dengan peristiwa tidak menyenangkan di udara. Dalam sepekan kemarin, tercatat 2 maskapai mengalami goncangan atau turbulensi hebat hingga menyebabkan para penumpangnya mengalami sejumlah cidera.

Perlu kamu ketahui, turbulensi umum terjadi dan tidak dapat diprediksi secara pasti terjadinya oleh penerbang. Namun, kamu perlu tahu bagaimana cara bertahan dari turbulensi.

1. Selalu menggunakan sabuk pengaman.

Selain untuk urusan terdesak seperti ke toilet, selalu gunakan sabuk pengamanmu selama di pesawat dan jangan panik.

2. Tetap duduk di kursi.

Kencangkan sabuk pengamanan dan duduknya dengan tenang di kursi sampai pilot menginformasikan pesawat telah aman dari turbulensi.

3. Raih kursi terdekat.

Jika turbulensi terjadi saat kamu sedang tidak di kursimu, segera raih pegangan kursi terdekat dan berjongkoklah.

4. Tenang, banyak yang dapat dijadikan pegangan di pesawat.

berita 4 - ahloo pegangan pesawat 1-horz

Bukan orang yang dapat kamu modusin untuk pegangan ya. Maksudnya, pesawat telah menyediakan banyak tempat yang dapat kamu gunakan sebagai pegangan, sekalipun kamu sedang di toilet saat terjadi turbulensi.

5. Pilih kursi di bagian depan.

Kamu dapat mengurangi kekhawatiranmu sebelum naik pesawat dengan memilih tempat duduk pada bagian depan saat pemesanan tiket, web check-in, atau check-in di bandara.

6. Bebaskan dudukmu dari beban apapun.

Saat terjadi turbulensi penumpang akan merasakan goncangan hebat. Maka dari itu sebaiknya saat duduk kamu tidak sedang memegang apapun. Simpan buku bacaan pada tempatnya, bersihkan dan tutup meja makan. Bagi orang tua yang bepergian dengan anak, dudukan anak di kursinya sendiri.

6. Buka mata.

Sebisa mungkin jangan pejamkan mata kamu ketika pesawat mengalami turbulensi. Dengan mata terbuka kamu jadi lebih awas terhadap kondisi di sekitar.