Comment

Jangan Terburu-buru Membuang Ampas Kopi, Inilah 11 Manfaat di Dalamnya

Kopi menjadi minuman paling populer sejagat raya. Dimana pun sajian kopi selalu saja mewarnai hari-hari, tentu saja dengan variasi, aroma, dan rasa yang berbeda. Di Indonesia saat pagi, siang, hingga malam, dimanapun orang berkumpul, sajian kopi wajib tersedia.

Setiap pecinta kopi memiliki gayanya sendiri. Ada yang suka dengan kopi murni tanpa gula dan susu, namun ada juga yang memilih kopi yang sudah dibubuhi krim seperti Moccachino. Namun apapun jenisnya, setelah kamu minum kopi pastilah menyisakan ampas. Apalagi yang kamu minum itu kopi saset.

Nah, biasanya apa yang kamu lakukan ketika kopimu menyisakan ampas? Kebanyakan orang pasti akan memilih membuangnya karena ampas kopi dianggap sebagai sisa yang tidak bisa dimanfaatkan lagi. Hmm…tunggu dulu! Ampas kopi memang sisa dari nikmatnya bijih kopi yang kamu seduh, namun bukan berarti ia lantas tak lagi berguna.

1. Fertiliser

Ampas kopi yang ditaruh dalam pot atau media tanam bersama tanah dapat menarik cacing. Cacing ini akan membantu menggemburkan tanah yang baik untuk tanaman. Selain itu ampas kopi dapat memperbaiki sistem drainase dan retensi tanah.

2. Mengendalikan Hama

Hama tanaman adalah musuh utama buat kamu yang suka berkebun atau menanam. Nah, aroma kopi yang bagi manusia itu sangat dinikmati ternyata dijauhi oleh hama-hama tanaman.

3. Kompos

Nitrogen adalah unsur yang paling berguna dari pupuk kompos. Ampas kopi adalah salah satu sumber nitrogen itu.

4. Mempercepat Tumbuhnya Wortel

Wortel merupakan sayuran tinggi kandungan gizi yang baik buat tubuh. Untuk mempercepat tumbuhnya wortel, bubuhi ampas kopi pada tanaman wortel yang kamu tanam.

5. Bisa Membersihkan Alat Dapur

Pernah kesal karena noda di penggoran susah hilang? Kamu bisa menggunakan ampas kopi untuk membantu proses pembersihan ketika kamu mencuci alat dapur mu.

6. Menghilangkan Bau

Untuk membantu menghilangkan bau yang tidak sedap kamu bisa menggunakan ampas kopi yang sudah dikeringkan. Taburkan ampas itu pada lokasi bau dan lihatlah hasilnya.

7. Membersihkan Wastafel

Kalau masalah bau itu juga menerpa wastafel mu di rumah, segera kamu bubuhkan ampas kopi di sana.

8. Pengganti Arang

Saat sedang mepet karena arang di rumah mu habis, cobalah memakai ampas kopi sebagai penggantinya.

9. Campuran Lilin

Jika mencampurkan lilin dengan kopi, asap yang dihasilkan akan memberikan sensasi aroma kopi. Sepertinya itu ide yang bagus untuk menerapkannya di rumah.

10. Pembersih Kulit

Ampas kopi sangat bagus untuk mencerahkan warna kulitmu dan juga bisa mengurangi selulit.

11. Mencuci Rambut

Bukan hanya untuk kulit, ampas kopi juga bagus untuk mencuci rambut. Kandungan kimia di dalamnya akan membuat rambut mu terlihat lebih indah setelah keramas.