Comment

Ingin Hidup Sehat? Peluklah Pasanganmu Setiap Hari

Berpelukan antara pasangan kekasih atau pasangan suami istri adalah simbol dari rasa kasih sayang. Di saat kata-kata tak cukup untuk mengungkapkan perasaan, maka berpelukkanlah. Niscaya emosi akan mudah larut.

Umumnya berpelukan dilakukan pada momentum tertentu seperti saat perjumpaan, perpisahan, bahagia saat pernikahan, ulang tahun, atau bahkan pada momen yang mengecewakan. Berpelukan dianggap sebagai bentuk dukungan yang mampu membangkitkan semangat.

Namun tahukah kamu, aktivitas berpelukan memberikan efek positif untuk kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan berpelukan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, menyembuhkan depresi, hingga mengurangi stres. Untuk lebih lengkapnya, nih ahloo kasih ulasan 7 manfaat berpelukan bagi kesehatan bila dilakukan setiap hari.

1. Meningkatkan Perasaan Kasih Sayang Pasangan

Pelukan merangsang hormon Oxytocin atau yang sering disebut hormon cinta. Oxytocin bertugas meredakan rasa cemas, stres, dan meningkatkan perasaan cinta pada pasangannya. Oxytocin juga diketahui meningkatkan libido dan gairah seksual.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Saat hormon Oxytocin meningkat, sebaliknya hormon kortisol atau hormon stres menurun sehingga tekanan darah juga menurun dan pikiran jadi lebih tenang.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan

Sentuhan dari orang tersayang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Suplai hemoglobin yang tinggi dapat mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada saat berpelukan kelenjar timus akan ikur terangsang. Kelenjar ini penting khususnya untuk remaja karena dapat mengatur pertumbuhan dan pubertas. Sementara untuk orang dewasa kelenjar timus dapat memproduksi sel darah putih sehingga memperkuat kekebalan tubuh.

5. Mencegah Parkison dan Depresi

Pelukan dapat memicu aliran dopamin yang berfungsi memberikan perasaan bahagia dan motivasi pada seseorang. Dopamin yang rendah akan menyebabkan masalah kesehatan seperti parkinson dan depresi.

6. Menambah Harapan Hidup

Berpelukan dapat merangsang pelepasan endorphin dan serotonin pada pembuluh darah. Kedua hal ini akan memicu rasa senang dan meradakan rasa sakit, pedih, dan menjaga kesehatan jantung sehingga menambah harapan hidup.

7. Menjaga Keseimbangan Sistem Saraf

Kulit mengandung jaringan yang bisa merasakan sentuhan dan berkaitan langsung dengan otak melalui saraf vagus. Respon yang bagus ketika seseorang mendapat pelukan akan membuat sistem saraf ini jadi lebih seimbang dan berfungsi dengan baik.