Comment

Oh Begini Toh Cerita di Balik Sampul Paspor Berbagai Negara…

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya mengapa warna paspor setiap negara berbeda? Ternyata, ada banyak kemungkinan yang dijadikan alasan oleh suatu negara menetapkan warna tertentu sampul dokumen penting yang harus kamu miliki saat keluar batas negara tersebut.

Seperti yang diungkapkan Wakil Presiden Marketing Passport Index Hrant Boghossian, dari sekian banyak warna yang kamu tahu, saat ini hanya ada 4 warna yang beredar untuk paspor negara-negara di dunia. Warna tersebut adalah hijau, merah, biru, dan burgundy (merah wine).

Hanya dengan melihat keempat warna tersebut secara sekilas kita sudah dapat menebak asal kewarganegaraan seseorang, lho! Boghossian menyebutkan paspor dengan warna hijau mayoritas digunakan oleh negara-negara Islam seperti Timur Tengah atas alasan warna tersebut adalah warna favorit Nabi Muhammad.

Sementara itu, sampul paspor biru yang didominasi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania berdasarkan faktor geografi dan politik. Boghossian mengungkapkan, negara tersebut ogah mengenakan warna burgundy karena ingin menetapkan negaranya sebagai “dunia baru”.

Berbeda dengan anggapan tersebut, Swiss malah menggunakan warna merah terang. Hal ini kemungkinan karena alasan karakter bangsa dan juga disesuaikan dengan warna bendera negara yang terkenal dengan coklatnya itu.