Comment

Inilah 5 Fakta Seru Warna Biru

Sudah tahukan, kalau untuk merayakan soft launching situs kesayangan kamu ini sedang digelar kontes foto Something Blue di challenge.ahloo.com? Tanpa disadari atau tidak, ternyata banyak banget lho warna biru sekitar kamu yang dapat kamu abadikan sebagai foto untuk mengikuti kontes.

Warna biru juga diyakini dapat membuat kita lebih imajinatif. Menurut riset yang dilakukan peneliti dari Universitas British Coloumbia dan Universitas California, biru diasosiasikan dengan keterbukaan, kedamaian, ketenangan, dan kepercayaan. Makanya nggak heran warna biru banyak digunakan sebagai dinding di rumah sakit, kantor, hingga logo-logo brand terkenal seperti yang paling mudah, Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, atau Telkom Indonesia. Selain itu, ada juga lho fakta menarik lainnya tentang warna biru.

  1. Biru adalah 53 persen bendera di dunia.

Biru menempati posisi kedua setelah kuning dalam hal warna bendera negara-negara di dunia. Dengan presentase hingga 53 persen warna biru dapat kamu temukan di antaranya pada bendera Amerika Serikat, Laos, New Zealand, hingga Kepulauan Cayman.

 

  1. Biru warna terfavorit di dunia.


Berdasarkan studi yang dilakukan Sosiologis Philip Cohen dari Universitas of Maryland, orang kebanyakan menyukai warna biru.

  1. Biru identik dengan lautan.

Lautan berwarna biru karena adanya proses penyerapan sinar matahar yang sampai ke air laut yang mengandung banyak mineral garam.

  1. Biru membuat tayangan film jadi lebih menarik.

Pernah dengar kan teknologi Blu-ray yang kerap ada di film keping DVD? Asal muasalnya, Blu-ray ada karena cahaya biru memiliki gelombang yang lebih pendek dari pada gelombang merah yang dipakai pada teknologi film jaman dahulu. Gelombang biru laser ini membuat sebuah film yang panjang dan berkualitas baik dapat disimpan dalam keping cd yang memiliki memori terbatas.

  1. Biru adalah warna yang paling banyak ditemukan di lukisan.

Bahkan hasil penelitian news.artnet.com mengungkapkan, warna biru adalah warna yang paling banyak digunakan pelukis di era perang dunia pertama.

Nah, banyak banget kan warna biru yang ada di sekitar kita? Ayo unggah hasil karya kamu yang mengandung unsur warna biru ke Something Blue dan menangkan hadiahnya!