Comment

Awas! Jangan Sampai Kamu Lakukan 7 Kesalahan Teknik Foto Ini

Mengabadikan gambar dan eksplorasi objek dengan kamera saku memang menyenangkan. Tetapi jangan sampai kamu kehilangan momen karena melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini ya.

1. Gambar goyang.

Gunakanlah tripod, monopod, atau tongkat narsis (tongsis) agar hasil jepretanmu lebih steady. Sesuaikan panjang kaki tripod dengan kebutuhan kamu.

2. Tidak fokus.

Meski kamera digital jaman sekarang sudah dilengkapi dengan image stabilization, terkadang gambar yang kamu ambil masih juga goyang. Untuk meminimalisir, cobalah untuk tahan napas saat menekan tombol shutter.

3. Membiarkan tali kamera menjuntai.

Duh, jangan sampai ya lagi asyik membidik objek, kamera kamu malah terlepas dari genggamanmu hingga terjatuh dan membentuk permukaan yang keras. Biar lebih aman, kalungkan tali kamera ke leher atau tanganmu ya.

4. Lupa mematikan fitur timer.

Ini dapat jadi kesalahan fatal jika kamu mau memotret sebuah momen candid atau objek yang bergerak.

5. Tidak berkonsep.

Foto yang memiliki konsep memang butuh waktu dan latihan. Perbanyaklah praktik untuk mendapatkan feel dari setiap objek yang kamu jepret.

6. Penggunaan flash.

Ada 2 hal yang didapat dari menggunakan flash di kamera, memperindah atau malah menghancurkan foto kamu. Flash tepat digunakan pada mode manual di kamera dengan terlebih dulu mengatur shutter speed-nya.

7. Salah atur ukuran dan resolusi.

Sebaiknya sesuaikan resolusi megapiksel foto kamu dengan ukuran hasil foto kamu nantinya. Jika ingin mencetak ukuran 4R, resolusi 8 MP sudah cukup mumpuni. Ini juga berpengaruh untuk menghemat kapasistas memori card kamu.