Comment

Jakarta Isinya Bukan Mall Melulu, 6 Taman Ini Cocok Juga untuk Akhir Pekan Lho!

Kamu pernah kepikiran nggak ada berapa jumlah taman di Jakarta? Berdasarkan data yang ahloo ‘kepoin’ di pertamananpemakaman.jakarta.go.id, Jakarta memiliki 3.131 ruang terbuka hijau yang terdiri dari taman lingkungan, pemakaman, jalur hijau yang berupa jalanan, dan tempat yang dialihfungsikan sehingga jadi taman. Banyak banget ya!

Nah, untuk berakhir pekan kali ini, pastinya akan menyenangkan beraktivitas di taman. Terlebih cuaca di Jakarta akhir-akhir ini cerah terus. Berikut ini 6 taman di Jakarta yang laik kunjung versi ahloo. Simak yuk!

google.com

1. Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Diabadikan dari nama pahlawan asal Bali, Untung Suropati, taman seluas 16ribu meter persegi ini nyaman banget sebagai tempat akhir pekan. Selain untuk jogging pagi dan menyaksikan latihan musik Komunitas Suropati Chamber, Taman Suropati juga cocok dijadikan untuk hunting foto. Bagi kamu yang ingin ke Taman Suropati, kamu juga sekalian bisa mampir ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang dapat ditempuh hanya 3 menit dengan berjalan kaki.

2. Taman Ria Rio, Jakarta Timur.
Di taman seukuran 51ribu meter persegi ini cocok untuk dinikmati sambil jalan-jalan sore di jalur yang telah dipasangi paving block. Kalau lelah menyusuri taman ini, kamu bisa duduk sambil update foto selfie kamu di social media tanpa khawatir kehabisan kuota karena Taman Ria Rio sudah dilengkapi oleh wi-fi gratis. Selamat berakhir pekan di Taman Ria Rio dan jangan lupa untuk foto dengan latar belakang pohon Baobab yang diimpor dari Benua Afrika.

3. Taman Cattleya, Jakarta Barat.
Taman yang keberadaanya hampir tidak banyak diketahui orang ini ternyata luas juga. Selain banyak banget pohon rindang yang membuat taman ini sejuk meski berada di tengah kota, kamu juga dapat menikmati alat olahraga yang berada di salah satu sudut taman ini. Kurang populernya taman ini, jadi banyak yang sering nyasar saat kali pertama mampir. Klik peta Taman Cattleya ini agar kamu tidak jadi korban berikutnya!

4. Taman Situ Lembang, Jakarta Pusat.

Keberadaan danau di tengah Taman Situ Lembang jadi daya tarik tersendiri. Mulanya, taman ini dibangun tahun 1926 oleh pemerintah Belanda yang kali itu ingin membuat waduk dengan air dari aliran Sungai Cideng.

google.com

5. Taman Martha Tiahahu, Jakarta Selatan.
Barang kali kamu juga nggak sadar dengan keberadaan taman ini saat kamu melintasi jalanan sekitar Blok M Plaza. Letaknya di pinggir jalan, tetapi di pagarnya di kelilingi cukup banyak pohon palem dan ketapang yang tinggi. Taman kini pengelolaannya berada di tangan pihak swasta ini yang dirancang oleh M. Soesilo dibangun pada 1948. Selain kolam air mancur, fasilitas lainnya di Taman Martha Tiahahu yakni tersedianya toilet umum dan alat pembuat kompos dari sampah organik. Cara paling mudah untuk mencapai Taman Martha Tiahahu ini adalah dengan naik kendaraan umum tujuan Blok M, karena letak tempat wisata ini tepat di samping Terminal Blok M.

berita 1 taman

google map

6. Taman Ujung Lauser, Jakarta Selatan.
Bukan, ini bukan taman gunung yang terletak di Pulau Sumatera itu. Taman Ujung Lauser ini berlokasi antara Rumah Sakit Pertamina Pusat dan Pasar Mayestik di Kebayoran Baru. Lokasinya memang agak menjorok ke dalam dan bawah, jadi agak tidak kelihatan dari jalan yang banyak dilalui orang. Tapi tetap nyaman untuk dikunjungi karena banyakan pohon tinggi dan teduh.