Comment

7 Kisah Nelayan di Dunia yang Sulit Terlupakan

Berterima kasihlah pada para bapak-bapak nelayan sebab tanpa bantuan mereka, kita mungkin akan kesulitan mengkonsumsi makanan laut. Menjadi nelayan bukanlah pekerjaan mudah karena harus berhadapan dengan resiko ombak laut dan cuaca buruk yang kerap kali tidak bisa diprediksi.

Jika hasil tangkapannya sedikit, keuntungan yang didapat pun tak seberapa. Padahal ongkos untuk melaut terbilang tidak kecil. Meskipun begitu mereka yang memutuskan untuk menjadi nelayan seakan tak pernah putus asa. Laut bagi mereka ada sumber kehidupan dan kebahagiaan.

Nah, kalau bicara soal nelayan, di hari nelayan nasional ini, ahloo mau kasih cerita unik dan menarik seputar kehidupan nelayan dari berbagai penjuru dunia. Cukup mengejutkan karena di balik pekerjaan yang terlihat simple, banyak pengalaman yang belum tentu bisa didapat di bidang pekerjaan lain lho. Mau tahu apa saja? Cek di sini

1. Nelayan Jepang Temukan Ikan Alien Raksasa

Hirasaka Hiroshi, seorang nelayan asal Jepang yang sedang melaut di dekat Kepulauan Hokkaido pada 2015 lalu menemukan ikan raksasa yang rupanya sangat aneh dan mirip mahluk alien. Ukurannya mencapai 6 kaki. Hirasaka sendiri tak tahu jenis ikan apa yang ia tangkap itu. Namun ia menduga ikan itu mengalami mutasi pasca meledaknya reaktor nuklir di Fukushima pada 2011.

2. Ingin Memancing Ikan Justru Mendapatkan Bebek

Pengalaman lucu ini dialami Fred Christensen. Fred bersama seorang temannya hendak memancing ikan di atas permukaan es yang membeku di daerah Pennsylvania. Fred memasukan kail pada sebuah lubang kecil yang ia temukan di atas permukaan es. Bukan mendapatkan ikan, Fred justru mendapatkan bebek yang memakan tali pancingnya. Sepertinya bebek itu terjebak di dalam air dan secara tak sengaja diselamatkan setelah menggigit umpan pancing milik Fred.

3. Nelayan Rusia Dapat Ikan Bergigi Manusia

Lagi-lagi bentuk ikan langka dan cukup aneh berhasil didapatkan. Kali ini yang beruntung adalah Angler Aleks Korobov, nelayan asal Rusia yang sedang memancing di sungai. Sekilas tak ada yang aneh dari fisik ikan itu namun jika diperhatikan secara detil, ikan itu memiliki gigi yang mirip dengan gigi manusia.

4. Nelayan Termuda Dapat Ikan Lele Raksasa

Curtis Welch, seorang anak berusia 13 tahun pada 2012 tercatat sebagai nelayan termuda yang pernah memecahkan rekor. Ia berhasil mendapatkan ikan lele berukuran jumbo. Beratnya mencapai 21 kilogram. Bahkan jika diperhatikan, ukuran tubuh si lele jumbo ini hampir menyamai ukuran tubuh Curtis.

5. Tak Bisa Berenang dan Tidak Suka Makan Seafood

Bill Hocking, nelayan asal Inggris mungkin jadi salah satu nelayan teraneh di dunia. Bill dikenal sebagai nelayan yang tidak bisa berenang dan tidak suka menyantap seafood, sebuah fenomena yang ganjil karena biasanya berenang dan seafood adalah menu sehari-hari bagi seorang nelayan. Uniknya, Bill sudah mendalami pekerjaan sebagai nelayan dengan karakter aneh ini selama 70 tahun.

6. Jadi Pahlawan Bagi Turis yang Terjebak di Lumpur

Sebuah video yang diunggah ke Youtube pada Oktober 2015 menunjukkan keberanian seorang nelayan asal Thailand yang menolong dua orang turis asing dari jebakan lumpur padat. Kedua turis itu tak bisa keluar dari luberan lumpur setelah mengambil gambar dengan kamera mereka. Nelayan yang tidak diketahui namanya itu akhirnya turun tangan dan menjadikan tubuhnya sebagai alat pijakan agar kedua turis dapat keluar dari lumpur.

7. Nelayan Selandia Baru Temukan Ikan Bertubuh Transparan

Bagaimana rasanya bila kamu berhasil menemukan ikan langka yang bertubuh transparan seperti sebuah gelas kaca. Ikan itu sungguh aneh karena bagian dalam tubuhnya bisa dilihat. Adalah Stewart Fraser, nelayan yang beruntung menemukan ikan langka itu. Stewart mendapatkannya ketika sedang melaut di dekat semenanjung Karikari, sekitar 70 kilometer dari Islandia utara.