Comment

6 Film Keren yang Mengangkat Kisah Hidup Nelayan

Nelayan adalah pekerjaan utama bagi mereka yang hidup di pesisir pantai. Di negara manapun, terutama yang memiliki kondisi geografis kepulauan seperti Indonesia, profesi nelayan akan selalu ada. Meskipun tidak semua kehidupan nelayan memiliki standar yang sama.

Kisah nelayan memiliki keunikannya sendiri. Inilah yang kadang memikat para sienas untuk membuat film yang latar belakang kisahnya diambil dari kehidupan nelayan. Apa saja itu, nih ahloo kasih tahu buat kamu.

1. The Perfect Storm (2000)

Bisa dibilang film ini adalah yang paling menegangkan karena pada akhir cerita semua tokoh di dalamnya tewas. The Perfect Storm diadaptasi dari kisah nyata hilangnya kapal Andrea Gail yang tenggelam pada 1991. Seluruh awak dan bangkai kapal hingga kini tidak ditemukan.

2. The Sea Inside (2004)

Film ini menceritakan tentang tragedi yang dialami nelayan asal Galicia, Spanyol bernama Ramon Sampedro. Nelayan itu mengalami kelumpuhan di bagian bawah tubuhnya karena kecelakaan sewaktu menyelam. Meski lumpuh, Ramon tetap berkampanye selama 30 tahun untuk mendukung aksi eutanasia.

3. Jermal (2009)

Film ini berlatar belakang kisah anak nelayan bernama Jaya yang terpaksa tinggal di jermal, sebuah rumah apung bagi para nelayan. Jaya harus belajar mengenal kehidupan yang keras dan penuh masalah sembari terus mencari kasih sayang sang ayah bernama Johar di jermal yang kecil itu.

4. The Mirror Never Lies (2011)

Kekayaan kehidupan laut di Wakatobi dan kebijakan local suku Bajo direkam dan divisualisasikan lewat film drama tentang seorang gadis kecil bernama, Pakis. Ia tak pernah lelah berusaha menemukan sang ayah yang hilang ketika berada di lautan. Karakter di film ini memiliki penafsiran masing-masing terhadap laut meski pada akhirnya mereka sadar bahwa lautlah yang akan membantu menemukan jati diri mereka.

5. Lewa di Lembata (2015)

Sama seperti film In the Heart of The Sea, film ini juga menceritakan kisah nelayan pemburu paus di Desa Lamahera, pulau Lembata, NTT. Film dokumenter ini mengkritik mengenai perilaku manusia yang dianggap serakah karena memburu hewan laut yang justru dilindungi keberadaannya.

6. In The Heart of The Sea (2015)

Pada 1820an, kehidupan manusia masih tergantung pada minyak ikan paus. Maka dari itu para nelayan berusaha berburu ikan paus meski berhadapan dengan badai dan ombak yang ganas. Seorang nelayan bernama Owen Chase dipercaya memimpin misi ini karena keahliannya menangkap paus. Efek visual film ini sungguh luar biasa hingga mampu menciptakan suasana yang nyata.