Comment

5 Film Erotis yang Melegenda

Munculnya film berjudul Fifty Shades of Grey menjadi kontroversi. Sebagian pecinta film menantikannya namun tidak sedikit yang menanggapnya sebagai film murahan yang hanya mengobral sexualitas. Film yang pertama dirilis pada 2015 lalu cukup menyita perhatian. Sesuai kisah yang diambil novel berjudul sama karya, E.L James, film itu menjadi sajian menarik dalam menyambut momentum Valentine.

Meriahnya sambutan publik terhadap film itu membuat sang sutradara berencana memproduksi sekuelnya. Para penggemar film ini tentu sudah tak sabar menunggu untuk menyaksikan kelanjutan ceritanya. Namun tahukah kamu, jauh sebelum Fifty Shades of Grey muncul, di Eropa pernah muncul jenis film-film serupa, terutama di Perancis.

Saat itu banyak yang menyebut film seperti ini tak ubahnya film porno. Tapi banyak pengamat perfilman justru memuji film jenis ini sebagai jembatan antara sajian sexualitas yang menggoda dengan alur cerita yang menarik. Berikut lima film erotis yang sempat melegenda di zamannya.

BELLE DE JOUR (1967)

Belle_de_jour_

Disutradarai oleh Luis Bunuel, film yang dibintangi aktris cantik Catherine Deneuve ini mengekslporasi sisi seksualitas seorang perempuan yang bernama Severine. Film ini menjadi salah satu “jagoan” dari sekian banyak karya Bunuel. Ia mampu menantang norma sosial yang berlaku di masyarakat Perancis saat itu.

LAST TANGO IN PARIS (1972)

LAST-TANGO

Film ini memunculkan bintang seperti Marlon Brando dan Maria Schneider. Last Tango in Paris mengisahkan cerita tragis antara seorang duda asal Amerika dan perempuan Perancis yang sudah bertunangan. Mereka bertemu di sebuah apartemen yang sama dan terlibat dalam kisah cinta terlarang.

EMMANUELLE (1974)

emmanuelle

Emmanuelle disebut oleh pengamat film sebagai salah satu yang terbaik di pertengahan tahun 70an. Sang sutradara cukup berani memainkan berbagai adegan yang sifatnya “soft sexualitity”. Ide ceritanya sederhana, menentang norma yang berlaku bahwa seksualitas tak selamanya harus bergantung pada hubungan yang saling mencintai. Gila kan!!

FASCINATION (1979)

fascination

Cukup unik karena film ini mengangkat perspektif lain dalam seksualitas yakni lesbi. Dua vampir bernama Eva dan Elizabeth yang bersembunyi di sebuah kastil terlibat cinta yang tidak wajar. Banyak pengamat menyebut, selain seksualitas, film ini pun mengangkat isu feminisme yang saat itu sedang berkembang kuat di Perancis dan Eropa.

THE DREAMERS (2003)

the dreamers

Adegan berani dalam film ini melebihi generasi film di atasnya. Mengambil kisah berlatar belakang protes mahasiswa Perancis di tahun 1968, duo bersaudara terlibat dalam kisah asmara terhadap satu wanita asal Amerika Serikat bernama Eva Green yang sedang dalam proses pertukaran pelajar.

 

Sumber: huffingtonpost.com